Jumat, 20 Mei 2011

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur
Taman Rekreasi Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur
 
ALAMAT : Desa Sendang, Kec. Wonogiri
FASILITAS : Di taman rekreasi ini telah tersedia beberapa sarana wisata antara lain :
- Taman Satwa
- Kolam Renang ( Tarif 2.000,- )
- Mainan anak-anak    
- Jet sky
- Perahu ( Tarif 3.000,-/sesuai route) 
- Sepeda air
- Sarana olah raga gantole  
- Rumah makan terapung (karamba)
- Tempat ibadah, Toilet, Tempat Parkir
- Kereta Kelinci (Tarif Rp 1.500,-/ perjalanan )
- Tiket Naik Gajah Rp 3.500,-/ per orang sesuai route

PETA LOKASI : Taman Rekreasi ini letaknya di Selatan Kota Wonogiri (7 Km) bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dengan kondisi jalan mulus.

TIKET MASUK :
Hari biasa     Rp 1.600,-
Hari Libur/besar/Minggu   Rp 3.100,-
Paket Lebaran    Rp 6.000,-

KETERANGAN :
Taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur dibuat setelah pembangunan Waduk Gajah Mungkur selesai. Adalah merupakan suatu kebanggaan bahwa taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur menjadi satu-satunya taman rekreasi bagi rakyat Wonogiri maupun rakyat diluar Kabupaten Wonogiri. Dikawasan obyek wisata ini juga dikembangkan Agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan tawar.
Selain itu juga diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur yang dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Fitri selama dua minggu di Obyek Wisata/Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pentas kesenian selama dua minggu berupa pentas orkes melayu, campur sari dll dengan tujuan untuk  menghibur masyarakat yang berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Event pariwisata ini dikunjungi tidak kurang oleh 100.000 pengunjung. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.
Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun, menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain :
• Kegiatan ruwatan masal, setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang baik oleh masyarakat maupun di luar Wonogiri.
• Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I
• Tari Tradisional khas Wonogiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar