Jumat, 20 Mei 2011

Air Terjun Giri Manik

Setren Girimanik
Obyek Wisata Girimanik Setren

NAMA WISATA : Obyek Wisata Girimanik Setren
ALAMAT : Desa Setren, Girimanik Kec. Slogohimo
FASILITAS : - Toilet, mushola, tempat parkir

PETA LOKASI :
Obyek Wisata ini masuk wilayah Kec. Slogohimo dengan jarak (40 Km) bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dengan kondisi jalan mulus.

KETERANGAN :
Kawasan wisata Girimanik merupakan kawasan wisata alam yang berudara sejuk dan panorama alam yang sangat indah. Di kawasan wisata ini terdapat 3 buah air terjun yang dinamakan Air Terjun Manik Moyo yang mempunyi ketinggian 70 meter, Air Terjun Tinjo Moyo yang mempunyai ketinggian 30 meter, dan Air Terjun Condromoyo. Tidak jauh dari Air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat sakral peninggalan atau petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi.
Susuk Wangan merupakan upacara ritual yang dilaksanakan setiap hari sabtu kliwon pada setiap bulan besar yang bertempat di Obyek Wisata Setren Girimanik, Kecamatan Slogohimo. Upacara tersebut merupakan wujud syukur kepada Sang Pencipta oleh masyarakat yang mendapat manfaat air baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian.  
Prosesi acara ritual dimaksud, setelah diadakan upacara selamatan, masyarakat bersama-sama membersihkan saluran air yang mengalir dari  mata air pegunungan sampai kedesa dengan harapan agar air selau mengalir dan bermanfaat bagi masyarakat.
Selain upacara tersebut juga disajikan berbagai acara kesenian untuk memeriahkan upacara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar